342KALI DIBACA

Kodim 0204/DS Siap Jaga Netralitas TNI dan Wujudkan Pemilu Aman, Nyaman, Jujur serta Adil

Kodim 0204/DS Siap Jaga Netralitas TNI dan Wujudkan Pemilu Aman, Nyaman, Jujur serta Adil
Foto: Sintel_dim 0204/DS

MedanEkspres | Lubuk Pakam – Komandan Kodim (Dandim) 0204/Deliserdang, Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, MTr (Han) menegaskan, seluruh personil jajaran Kodim 0204/DS harus siap menjaga Netralitas sebagai prajruit TNI demi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, nyaman, jujur serta adil.

Penegasan ini disampaikan Letkol Kav Syamsul Arifin saat memimpin apel pengecekan kesiapan personil Kodim 0204/DS dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, bertempat di Lapangan Apel Makodim setempat di Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Senin (15/4/2019).

Foto: Sintel_dim 0204/DS


Dalam apel yang diikuti 515 personil militer ini, Dandim mengawalinya dengan pengecekan kesiapan kendaraan para Danramil dan Babinsa se jajaran Kodim 0204/DS. Pengecekan untuk memastikan bahwa kendaraan sudah siap untuk melakukan patroli pengamanan Pemilu 2019 di wilayah teritorial masing-masing.

Dalam pengarahannya, Dandim menekankan bahwa dalam menghadapi Pemilu 2019 ini, TNI masih memegang asas Netralitas. Karena Netralitas bagi TNI adalah harga mati.

“Jiwa raga kita untuk NKRI dan kita berkomitmen untuk menjaga berlangsungnya tahapan Pemilu ini secara aman, damai, jujur dan adil,” tegas alumni Akmil Magelang tahun 2000 ini.

Foto: Sintel_dim 0204/DS


Di kesempatan yang sama, Dandim juga mengingatkan kepada seluruh Komandan Koramil beserta Babinsa, untuk memedomani UU Pemilu dan peraturan pelibatan perbantuan TNI kepada Polri, khususnya dalam masa pemilu, sehingga tidak ada kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas.

Dandim juga meminta kepada seluruh personilnya untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa situasi menjelang Pemilu dipastikan aman dan damai. “Sampaikan kepada masyarakat, tidak perlu takut, tidak perlu ragu-ragu untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya,” jelas Dandim.

Foto: Sintel_dim 0204/DS


Diakhir pengarahannya, Dandim Letkol Syamsul Arifin kembali mengingatkan kepada seluruh prajuritnya agar segera melaporkan setiap adanya kecurangan atau pelanggaran kepada pihak berwenang. “Laporkan segera setiap kecurangan atau pelanggaran yang ditemukan kepada Bawaslu,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ketua Bawaslu Deliserdang, M Ali Sitorus menyampaikan, pihaknya yakin bahwa TNI-Polri masih tetap memegang teguh asas Netralitasnya di Pemilu 2019 ini. Sedangkan terhadap penyelenggaran Pemilu, M Ali Sitorus berharap adanya bantuan pengawasan dari seluruh komponen bangsa.

Foto: Sintel_dim 0204/DS


“Bantu kami dalam melaksanakan pengawasan ini, terutama terkait adanya potensi manipulasi data. Mari kita sama-sama awasi, walaupun ada keterbatasan untuk langsung masuk ke TPS tetapi kita tetap harus melakukan pengawasan,” ungkapnya.

M Ali Sitorus menjelaskan, pemungutan suara tahun ini akan panjang waktunya, karena adanya putusan MK yang memberikan tambahan waktu selama 12 jam. “Ini juga akan menambah potensi kerawan, dimana para petugas, pengaman dan pengawas mulai lelah, dan di situlah potensi manipulasi data bisa terjadi,” bebernya.

Foto: Sintel_dim 0204/DS


Turut hadir, antara lain, Kasdim 0204/DS, Mayor Inf Muhsin, SAg, para Perwira Staf serta Danramil termasuk Babinsa se jajaran Kodim 0204/DS sebanyak 515 personil. (*/zul)

*Sumber: Sintel_dim 0204/DS

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below