380KALI DIBACA

TMMD Ke-104 Wilayah Kodam I/BB: Membangun Desa, Memantapkan Kerukunan Umat Beragama

TMMD Ke-104 Wilayah Kodam I/BB: Membangun Desa, Memantapkan Kerukunan Umat Beragama
Foto Pendam I/BB

MedanEkspres | Medan – “Meski penat adalah teman terdekat bersama letih yang selalu menghampiri, namun derap langkah yang menyatu dalam keberagaman untuk wujudkan bakti pada Ibu Pertiwi, telah pudarkan peluh menjadi harapan, untuk wujudkan Indonesia Jaya dan Sejahtera”.

TMMD ke-104 TA 2019 yang mengangkat tema “Melalui TMMD, Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat serta Semangat Gotong Royong dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”, bukan semata-mata hanya membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi juga memiliki tujuan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan, serta memantapkan kerukunan antarumat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi.

“Pelaksanaan TMMD sebagai wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, juga adalah untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah, demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat,” terang Kapendam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga di Medan beberapa waktu lalu.

Foto Pendam I/BB


Pelaksanaan TMMD ke-104 yang dikerjasamakan dengan Kementrian Agama RI ini, dibuka pada tanggal 26 Februari 2019 dan ditutup secara serentak pada 27 Maret 2019.

Khusus di wilayah Kodam I/BB, TMMD ke-104 TA 2019 dilaksanakan di enam wilayah, yaitu di Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan di Kabupaten Nias dan Kabupaten Batubara. Di Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan di Kota Batam, di Provinsi Riau dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hulu, dan di Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan di Kabupaten Mentawai serta Kabupaten Pariaman.

“Semua kegiatan, baik fisik maupun non fisik di TMMD ke-104 TA 2019 di wilayah Kodam I/BB telah dilaksanakan dengan hasil 100 persen,” ucap Kapendam I/BB.

Foto Pendam I/BB


Lebih lanjut Kapendam I/BB menerangkan, pada saat Rakornis TMMD ke-104 yang dilaksanakan di Balai Sudirman, Jakarta Selatan pada Selasa (12/2/2019), dalam sambutanya, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, demi kemaslahatan negeri, TNI dan Kemenag RI saling mengisi dan bersinergi mengejawantahkan Sapta Marga dan misi institusi dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104.

Kemanunggalan TNI dengan Rakyat adalah kekuatan besar yang dimiliki bangsa ini sejak proklamasi, sehingga wajib dijaga dan dipelihara sebagai modal ketahanan nasional. 

“TMMD diharapkan dapat membentengi masyarakat dari perembesan radikalisme dan menangkal kemerosotan nilai budaya bangsa akibat pengaruh budaya global,” terang Kolonel Inf Roy Hansen.

Ada  hal yang menarik pada pelaksanaan TMMD ke-104 di wilayah Kodam I/BB kali ini. Di samping pekerjaan-pekerjaan fisik seperti pembangunan jalan, pembuatan irigasi, maupun rehab rumah ibadah, Satgas TMMD di wilayah Kodam I/BB juga memberikan bantuan berupa sarana penunjang pelaksanaan kegiatan ibadah agama. Seperti pemberian bantuan sajadah, dan buku-buku agama bagi rumah-rumah ibadah yang ada. 

Foto Pendam I/BB


Pelaksanaan TMMD ke-104 yang melibatkan personel TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD bersama-sama masyarakat bahu membahu merampungkan program yang ada. Personel Satgas TMMD tidur di rumah-rumah masyarakat di lokasi-lokasi pekerjaan berada, sehingga antara TNI Polri dan rakyat benar-benar saling membaur dan dapat mempererat persaudaraan yang sudah ada, serta dapat mengetahui permasalahan yang ada dimasyarakat.

“Dan yang sangat menyentuh perasaan adalah, di mana TMMD kali ini dapat membuat kaum disabilitas tersenyum gembira. Seperti yang terjadi di Kota Batam,” ungkap alumni Akmil 1997 ini.

Penyelenggaraan TMMD ke-104 di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Galang, Kota Batam, berbuah berkah bagi seorang gadis penyandang disabilitas. Sebuah kursi roda pemberian Kodim 0316/Batam, menjadi kebahagiaan tak terhingga bagi keluarga Salinah, seorang gadis penyandang disabilitas yang sepanjang hidupnya dibantu oleh ibunya yang sudah uzur dan kakaknya.

Foto Pendam I/BB


Kondisi Salinah tidak seperti anak seusianya. Dengan segala keterbatasannya, Salinah yang akrab disapa Inah ini, harus berusaha sendiri dengan tongkat buatan kakaknya.  Inah memiliki impian sebuah kursi roda untuk membantunya beraktifitas. Namun, keadaan keluarga yang tidak mampu, seakan mengubur impianya itu.

“Jangankan untuk membeli sebuah kursi roda, untuk membeli obat dan bertahan hidup saja, keluarga ini berharap adanya pertolongan keluarga dan tetangga,” ungkap Kolonel Roy Hansen.

Foto Pendam I/BB


Tanpa berfikir panjang, lanjutnya, Komandan Satgas TMMD di wilayah tersebut langsung membantu dengan memberikan kursi roda. Kini Salinah bisa tersenyum karena mimpinya terwujud, bersama hadirnya TMMD yang membuat jalan  di desanya.

“Ada rasa haru dan bahagia yang kita rasakan. Ternyata benar, TMMD itu tidak hanya membangun fisik desa, tetapi juga membangun kepedulian terhadap sesama” terang Kolonel Roy Hansen.

Foto Pendam I/BB


Masyarakat juga sangat terkesan akan keseharian para personel Satgas TMMD yang bekerja tidak mengenal cuaca. Hujan maupun panas tetap bersemangat, dan juga tidak melupakan kegiatan ibadah. “Sesuai dengan misi TMMD kali ini, yaitu memantapkan kerukunan umat beragama melalui TMMD ke-104,” tambahnya.

Para prajurit bersama-sama masyarakat melaksanakan ibadah di tempat-tempat ibadah yang ada sesuai agama yang dianut. Para Prajurit ini juga tidak hanya sekadar tidur di rumah masyarakat, tetapi juga selalu mengajak masyarakat di wilayahnya untuk saling menjaga kerukunan umat beragama dan saling toleransi, sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin terjalin dengan baik.

Foto Pendam I/BB


Semua hasil pekerjaan dalam program TMMD ke-104 ini, tidak selesai begitu saja setelah ditutup, tetap akan terus dipantau dan dievaluasi. Program pembangunan desa ini tidak berhenti di sini saja, diharapkan pemerintah daerah akan melanjutkan ke program pembangunan selanjutnya.

TMMD ke-104 ini secara terpusat ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Lapangan Kelurahan Jatisari, Kota Bekasi pada Rabu (27/3/2019). 

Foto Pendam I/BB


Sementara itu, untuk wilayah Kodam I/BB, Pangdam Mayjen TNI MS Fadhilah diwakili Kasdam Brigjen TNI Hassanudin, SIP menutup TMMD ke-104 di Lapangan Bola Kaki Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara yang berada di wilayah Kodim 0208/Asahan. (*)

*Penulis adalah Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below