2622KALI DIBACA

Kodam I/BB Dadakan Periksa Kendaraan Dinas dan Tes Urine para Sopir

Kodam I/BB Dadakan Periksa Kendaraan Dinas dan Tes Urine para Sopir
Foto: Pendam I/BB

MedanEkspres | Medan – Kodam I/Bukit Barisan secara mendadak melakukan pemeriksaan kelengkapan dan administrasi kendaraan dinas, sekaligus melakukan tes urine kepada para sopir kendaraan dinas.

Pemeriksaan kendaraan dinas dan pelaksanaan tes urine dadakan ini dipimpin langsung Asisten Intelijen Kepala Staf Kodam (Asintel Kasdam) I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, SIP, bertempat di Lapangan Apel Makodam I/Bukit Barisan, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (27/2/2019).

Foto: Pendam I/BB


Dalam apel dan pemeriksaan kenderaan dinas jajaran Kodam I/Bukit Barisan ini, Asintel Kasdam I/BB menjelaskan, kendaraan dinas dapat diibaratkan seperti jantung luar yang harus dirawat seperti merawat diri sendiri. “Kendaraan dinas juga merupakan fasilitas yang diberikan oleh Negara yang wajib dirawat dengan baik dan dijaga baik kondisi maupun kebersihannya,” ucapnya.

Foto: Pendam I/BB


Disampaikan Asintel KasdamI/BB juga, kendaraan dinas merupakan salah satu barang/materil inventaris satuan yang harus selalu dipelihara/dirawat oleh pemakai kendaraan dinas, baik kendaraan roda empat maupun roda dua, sehingga kendaraan dinas itu akan selalu siap digunakan dan memperpanjang usia pakai kendaraan.

Untuk dapat menunjang operasional pelaksanaan tugas, lanjutnya, tentu harus memiliki sarana transportasi yang memadai pula. Kendaraan dinas yang merupakan standar dalam satuan yang dalam kesehariannya digunakan sebagai alat transportasi pasukan maupun perlengkapan.

Foto: Pendam I/BB


“Pemeliharaan kendaraan dinas memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kendaraan itu sendiri untuk melaksanakan pergeseran pasukan maupun perlengkapan yang akan melaksanakan suatu tugas operasional. Maka, kendaraan yang digunakan sebagai alat transportasi harus bisa menjamin keselamatan pengendara maupun penumpangnya, serta untuk menghindari terjadinya korban sia-sia karena kecelakaan akibat ketidaksiapan kendaraan,” paparnya.

Foto: Pendam I/BB


Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin mengimbau para prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan untuk mengambil langkah-langkah preventif dengan memperhatikan dan mengetahui kondisi fisik maupun kesehatan diri sebagai pengendara maupun kendaraan yang dibawa.

Tak hanya itu, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin juga memberikan penekanan kepada Prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan untuk melaksanakan pemeriksaan secara berkala terhadap kesiapan kendaraan dan kelengkapan administrasi.

Foto: Pendam I/BB


“Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi kendaraan maupun pengemudi seperti STNK, SIM serta kelengkapan kendaraan. Antara lain lampu penerangan, lampu sein, spion, sistem pengereman, aki, mesin, ban, dan sabuk pengaman kendaraan bagi kedaraan roda empat,” papar alumni Akmil Lembah Tidar, Magelang Tahun 1994 ini.

Foto: Pendam I/BB


Usai apel pengecekan dan kelengkapan, kegiatan dilanjutkan dengan tes urine kepada para sopir kenderaan dinas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah para sopir terkontaminasi narkoba atau tidak, dan tes urine dilakukan untuk memastikan bahwa para sopir dalam keadaan sehat dan terbebas dari berbagai jenis narkotika.

Foto: Pendam I/BB


“Tes urine kepada para sopir ini berkaitan dengan keselamatan penumpang, agar jangan sampai mengonsumsi narkoba yang nantinya bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (*/zul)

*Sumber: Pendam I/BB

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below